Belajar Objek pada visual basic

A.pengertian objek-objek pada visual basic.net

1.  Pengertian dan Cara Penggunaan Objek
 
1.Obyek Conection
Obyek conection digunakan untuk membuat koneksi ke database
Sebelum melakukan coneksi ke database, tambahkan dahulu pernyataan imports ke baris pertama jendela kode sebagai berikut :
Untuk sql server :
Imports system.data.sqlclient
Untuk ms.acces :
Imports system.data.oledb
1.      OLEbConnection Merupakan suatu program yang berfungsi mengkoneksikan ke database dan memberikan informasi – informasi data.       Cara Menggunakan nya yaitu Melakukan Koneksi ke Sumber Data.
Misalnya OleDbConnection pada komponen ADO.net.
 
Langkah – Langkahnya :
–          Memerlukan Komponen ADO.NET
–          Langkah Pertama, Pada jendela ToolBox, klik tab Data untuk meletakkan objek ke jendela komponen, lakukan klik 2 kali pada OleDBConnection.
–          Pada jendela komponen akan tampak objek dengan nama OleDbConnection 1. Lakukan klik pada objek tersebut dan pada properties ConnectionString pilih item
–          Kemudian akan muncul jendela Data Link Properties. Klik tab Provider dan pilihMicrosoft OLE DB Provider for SQL Server.
–          Klik tombol Next, Tab Connectionakan ditampilkan, kemudian pilih server namemasukkan nama komputer server yang digunakan. Jika stand alone PC isikan (local).
–          Pada pilihan Authentication pilih Windows Authentication. Kemudian masukkan/pilih nama database yang akan digunakan
–          Selanjutnya coba klik tombol Test Connenction untuk menguji apakah koneksi sudah berhasil
2.      Obyek command
Obyek command dapat memanggil data dari sumber data. Perintah ditentukan oleh property commandtext.properti command text berisi nama table, pernyataan, atau nama dari stored procedure.
Untuk menjalankan perintah pertama kali deklarasikan variable obyek command, sebagai berikut :
Obj command = new oledbcommand
 
a)      OleDbCommand adalah suatu program yang menjalankan perintah-perintah pada sumber data.
 
3.      Obyek dataadapter
Obyek dataadapter akan melakukan koordinasi antara representasi data dalam memori dan sumber data permanen. Obyek data adapter bekerja sebagai duta kita dengan mekanisme akses data, sehingga kita dapat memanggil dan menyimpan data dari sumber data dan obyek dataset.
Data adapter berisi sebuah metode yang penting yaitu metode fill(). Metode fill akan melakukan populate atau mengisi suatu dataset dan proses pengisian tersebut terjadi ketika dataset menyentuh secara langsung koneksi database.
a)      OleDbDataAdapter Merupakan komponen yang berfungsi sebagai jembatan diantara database dan objek dataset dan akan mengambil data yang telah ditentukan, lalu akan mempopulate dataset anda.
Cara Menggunakannya : hubungkan sumber ke dataset.
 
 
4.      Obyek dataReader
Obyek datareader merupakan mekanisme secara tepat untuk memanggil aliran data yang bersifat forward-only dan read-only. Kita dapat membuat obyek data reader menggunakan metode executereader() dari objek command.
a)      OleDbDataReader merupakan kumpulan record-record yang diambil dari database yang berfungsi membaca data pada sumber data dengan sifat forward only dan read only.
Cara menggunakannya biasanya digunakan pada tampilan control tampilan data seperti DataGrid, GridView, dsb.
5.      Obyek DataSet
dataset merupakan pepresentasi data dalam memori yang memberikan model pemrograman relational yang konsiten, tanpa mmemperhatikan asal dari sumber data. Suatu data set mewakili serangkaian data secara lengkap termasuk table yang berhubungan, constain(aturan), dan relasi antar table.
Ada beberapa cara untuk bekerja dengan dataset
a.       Menggunakan kode program dengan menggunakan datatable, datarelation, contrain dalam dataset, dan populate dengan data.
b.      Populate dataset dari system management database relational menggunakan dataadapter.
c.       Memanggil dataset menggunakan XLM.
Pengertian Data Set
DataSet merupakan perwujudan data dalam memori yang memberikan model program relational yang konsisten tanpa memperhatikan asal dari sumber data.
Digunakan Untuk mengatur sendiri query yang akan dijalankan dengan menggunakan DataAdapter dalam menggunakan parameter dalam pembuatan report.
Cara Menggunakannya :
·         Menggunakan kode program dengan membuat DataTable, DataRelation dan Constrain dalam DataSet dan populate dengan data.
·         Populate DataSet dari sistem manajemen database relational dengan menggunakan DataAdapter
·         Memanggil DataSet dengan menggunakan XML
Langkah-langkah Membuat Data Set :
–          Klik objek OleDbDataAdapter 1 yang baru saja dibuat diatas. Klik kanan kemudian pilihGenerate DataSet
–          Sebuah jendela Generate DataSet akan ditampilkan. Pilih New untuk membuat dataset baru. beri nama yang akan kamu pakai misal ds_barang.
–          Pilih tabel yang akan digunakan (tabel yang terdapat pada database yang telah dipilih pada pembahasan DataAdapter diatas). Pilih/centang Add this dataset to the designer.
–          Kemudian klik tombol OK.
–          Hasil akhir dari proses ini adalah dihasilkannya file skema XML (bila kamu menggunakan nama ds_barang maka akan dihasilkan skema XML dengan nama ds_barang.xsd)
 
6.      dataTable
dataTable adalah komponen dimana baris data yang diperoleh dari sumber data ditampung sebelum diproses lebih lanjut. Baris data ini kemudian direferensi melalui objek datatable. Perubahan yang terjadi pada data table ditangani library.net.framework, jadi sumber data tidak terlibat lg.
a)      Data table adalah suatu table yang berisi kumpulan-kumpulan data yang saling terkait untuk membangun sebuah database.
Cara Menggunakannya bisa juga dengan table HTML biasa, dengan meng-input coding-coding nya.
 
7.      Data View adalah view yang digunakan untuk menampilkan data-data yang berasal dari data source.
Cara Menggunakannya adalah jalankan preview dengan menekan tombol F12.
8.      Pengertian Import.Systemdata.Oledb
Suatu Sistem Data yang bertujuan agar kita bisa langsung memanggil class-class yang berada pada namespace yang dimaksud tanpa menuliskan namespacenya terlebih dahulu.

Imports System.Data.OleDb
Public Class formShow2Grid
    Private oleDa As New OleDbDataAdapter(“Select * from tbMataUang”, _ “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=” & _ Application.StartupPath.ToString & “\dbTutorial.mdb”)
    Private dt As New DataTable
    Private Sub formShow2Grid_Load(ByVal sender As System.Object, _
ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        oleDa.Fill(dt)
        dgvMataUang.DataSource = dt
        dgvMataUang.Columns(0).Width = dgvMataUang.Width / 3
        dgvMataUang.Columns(1).Width = dgvMataUang.Width * 2 / 3
    End Sub
End Class

Tinggalkan komentar